Cara Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Office Publisher 2007


Kalender merupakan benda pakai dan hiasan dinding yang dimiliki oleh setiap rumah dan kantor. Penggunaan kalender bukan hanya untuk tujuan mengetahui waktu saat ini dan merencanakan kegiatan esok hari. Saat ini kalender menjadi media yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan sebuah perusahaan. Anda pun bisa berkreasi membuat kalender yang lebih personal dengan menampilkan koleksi gambar pribadi. Bagaimana cara membuat kalender pribadi yang unik?

Anda tidak perlu memesan pembuatan kalender kepada sebuah perusahaan percetakan. Selain alasan mereka tidak melayani pembuatan kalender yang hanya berjumlah satu atau dua buah eksemplar, biaya yang akan Anda keluarkan juga akan membengkak. Untungnya terdapat aplikasi pada Microsoft Office Publisher 2007 yang bisa Anda gunakan untuk membuat kalender pribadi. Bagaimana cara membuat kalender menggunakan Microsoft Office Publisher 2007?

Cara Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Office Publisher 2007

Langkah-langkah membuat kalender personal menggunakan Microsoft Office Publisher 2007 adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan komputer Windows Anda dan pilih Start.
  2. Selanjutnya pilih All Programs.
  3. Berikutnya pilih menu Microsoft Office Publisher 2007. Secara default, monitor akan membuka tampilan Getting Started with Microsoft Office Publisher 2007 pada halaman Popular Publication Types.
  4. Terdapat banyak pilihan menu di bagian tengah monitor. Mulai dari aplikasi membuat Brochures, Business Cards, Flyers, Greeting Cards, Labels, Newsletter, Postcards, hingga mengelola Web Sites. Karena kita akan membuat kalender maka pilih ikon Calendars. Klik ikon tersebut dua kali.
  5. Muncul pilihan Design Calendars. Terdiri dari Full Page, Wallet Size, dan Blank Sizes. Selain itu, terdapat pilihan ukuran kertas yang bisa dipakai. Misalnya A-ONE, Avery A4/A5, Avery US Letter, C-Line Products Inc., dan Herlitz PBS AG. Misalkan Anda lebih menyukai layout kalender menggunakan tema Travel. Klik ikon Travel dua kali.
  6. Secara default, bulan kalender yang ditunjukkan adalah sama dengan saat kita membuat kalender. Misalkan saat ini bulan April 2012.
  7. Selanjutnya, Anda dapat berkreasi dengan mengganti gambar (image) dan merubah jenis huruf (font) yang digunakan. Gambar di dalam kalender bisa ditambah, diganti, atau bahkan dikurangi sesuai selera Anda.

Cara Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Office Publisher 2007

Bila tidak suka themes Travel, Anda bisa mengganti tema kalender dengan cara mengeklik Change Template pada kotak dialog Format Publication yang ada di sidebar kiri. Aplikasi Microsoft Office Publisher 2007 ini memungkinkan Anda berkreasi secara bebas untuk membuat kalender pribadi yang menarik.

Sentuhan personal dan khas setiap orang bisa terwakilkan melalui pemilihan image dan text style sesuai gaya mereka masing-masing. Tertarik berkreasi membuat kalender personal? Mudah-mudahan informasi belajar komputer kali ini bisa berguna untuk Anda. Ayo belajar membuat kalender menggunakan Microsoft Office Publisher 2007!

Komentar
  1. TANPA NAMA mengatakan:

    LALU CMA 1 BULAN DOANG?

    BLS PLIS,, PENTING NIE …

    • ari80 mengatakan:

      Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Publisher
      Langkah-langkah
      1. Pilih folder calendars di tampilan awalnya atau pilih menu file – New lalu pilih folder
      2. Pilih template atau biasa bikin sendiri. Cuma lebih mudah pilih template jadi ga perlu bikin angka-angka tanggal lagi. Kalo mau pilih warna utama dan jenis huruf bisa liat di menu sebelah kanan yaitu customize. Terus ke menu options kalo mau milih ukuran kertas atau timeframenya (satu halaman mau dibuat perbulan atau langsung 12 bulan) atau mau pilih bulan apa (Set Calendar dates). Kalo udah klik CREATE di pojok kanan bawah
      3. Setelah itu, silakan berkreasi sendiri. Kalau mau tambah gambar dari koleksi pribadi bisa dengan memilih menu insert – picture – from file
      4. Kalau mau menyimpannya bisa dengan berbagai format antara lain denga format publisher sendiri, word, atau di konversi kedalam picture seperti JPG, Gif, PNG.
      5. Setelah disimpan bisa langsung di print sesuai dengan keinginan

  2. Tsania Azahra mengatakan:

    Cara menyimpan gambar Microsoft Publisher dalam komputer?

    • ari80 mengatakan:

      Cara menyimpan file template Microsoft Publisher, klik File – Publish On The Web.

      Untuk melihat hasil desain template Anda, klik File – Web Page Preview atau jika Anda sudah menyimpannya, buka File Anda.

  3. terima kasih info yang telah anda berikan , , ,
    ada baik nya anda mengunjungi website ini http://unsri.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s